Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Akun Facebook Secara Permanen

Kebanyakan pengguna Facebook kebingungan saat ingin menghapus akun facebook secara permanen, Karena selama ini pihak Facebook hanya menunjukkan tombol menonaktifkan akun FB sementara (Deactivate Account), tapi sengaja menyembunyikan tautan (link) untuk menghapus akun Facebook secara permanen ( Delete My Account ).

Kalau anda hanya mengeklik “Non-aktifkan Akun” (Deactivate Account), maka hal itu tidaklah berarti akun Facebook anda telah dihapus. Memang jika anda mengunjungi alamat akun Facebook anda setelah melakukan penonaktifan, sekilas akan terlihat bahwa akun FB tersebut telah hilang, yaitu dengan munculnya tulisan “This content is currently unavailable.” Namun jika anda masuk (login) dengan menggunakan email dan password anda sebelumnya, maka saat itu juga Facebook anda kembali menjadi aktif secara otomatis. Inilah salah satu hal yang selama ini dikeluhkan oleh banyak orang terhadap Facebook.

Cara menghapus Facebook secara permanen

Berikut inilah cara menghapus akun Facebook selamanya secara permanen. Namun sebelum mengeklik tautan (link) Delete Account ini — yang sengaja tidak diperlihatkan pihak Facebook secara transparan dari menu Settings — sebaiknya anda lebih dahulu menghapus semua data didalamnya. Sebab, saya pernah membaca, walaupun akun FB telah dihapus permanen, tapi masih ada sebagian data yang tertinggal, seperti komentar yang anda tulis di Status orang lain, dan Halaman (Page) yang pernah anda ikuti sebagai anggota.

  • Login ke akun Facebook anda
  • Akan terlihat tulisan “Delete My Account”. Dibawahnya terdapat tombol biru “Submit” — kliklah Submit.
  • Kemudian muncul kotak bertuliskan “You are about to permanently delete your account. Are you sure?” (Anda akan menghapus akun secara permanen. Apakah anda yakin?)
  • Pada kotak itu terdapat kolom kata sandi (password) — isikanlah password Facebook anda.
  • Di bawahnya lagi terdapat kolom Security Check — isikanlah dua kata-acak yang terlihat. Bila kata itu terlalu sulit anda baca, klik teks “Try different words”, nanti akan muncul dua kata yang lain.
  • Setelah semuanya benar, klik “Okay.”
Anda akan menerima email dari pihak Facebook yang isinya berupa pemberitahuan bahwa akun Facebook anda akan dihapus secara permanen dalam waktu 14 hari.

Catatan: Jangan lagi masuk (login) — walaupun cuma sekali — ke akun Facebook anda sampai 14 hari setelah melakukan Delete Account tadi. Agar lebih terjamin, sebaiknya tunggu sampai 20 hari

Mudah bukan semoga artikel ini bermanpaat
Salam : Andye Stc