Firefox Versi 3 (Release Candidat)

Mozilla sudah mengeluarkan Firefox versi 3 Release Candidat (RC1) tanggal 16 Mei 2008 yang berarti pengembangannya sudah mendekati tahap final dan itu artinya sebentar lagi, kita dapat menikmati full version-nya. Mozilla menjanjikan Firefox baru ini akan lebih ditingkatkan dari sisi keamanannya, lebih mudah dalam penggunaan, dan juga lebih personal serta kemudahan dalam kustomasi (customizable).

Selain fitur lama, banyak fitur baru yang ditawarkan oleh freeware browser ini, antara lain terintegrasinya anti virus, New Downlaod Manager, Resumable Downlaoding, terintegrasi dengan Windows, kemudahan download dan install add-on, manajemen password yang lebih baik, tagging, auto complete, one-click site info, juga Smart Bookmarks Folder. Firefox 3 juga menawarkan fitur yang lebih baik dalam hal standar grafis seperti SVG text dan spesifikasi Canvas.

Satu hal yang baru, dengan berbasiskan platform Gecko 1.9, Firefox 3 ini semakin memanjakan konsumennya karena disediakan lebih dari 45 bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. Dengan demikian, yang kurang mahir dalam bahasa Inggris, seperti saya ini, sekarang dapat menikmati Firefox dengan bahasa Indonesia.

Agar tidak penasaran seperti saya, Anda dapat mencoba Firefox versi ini, dengan mendownloadnya di sini, dengan besar 7,3 MB. Saya sendiri sudah mencobanya dan ternyata fitur dan kelebihannya memang seperti yang diklaim Mozilla dan kalau ingin tahu kelebihannya, silakan download dahulu.

Menurut kabar, kemungkinan kita sudah dapat menikmati versi final browser yang “baru naik daun” ini Juni mendatang. Kita tunggu saja.

Selamat Mencoba.